306. Orang benar akan hidup oleh iman, bahwa Yesus adalah Kristus.(Romans 1:17)
Habakkuk 2:4, Romans 3:20-21, Romans 9:30-33, Philippians 3:9, Galatians 3:11, Hebrews 10:38

Dalam Perjanjian Lama, dinubuatkan bahwa orang benar akan hidup karena iman.(Habakkuk 2:4)

Habakkuk 2:4 Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.

Hukum menginsafkan kita akan dosa.Selain hukum Taurat, kebenaran Allah telah dinyatakan, dan Kristuslah yang disaksikan oleh hukum Taurat dan para nabi.(Romans 3:20-21)

Romans 3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.
21 Tetapi sekarang dengan tiada bertaurat sudah dinyatakan kebenaran Allah, yang disaksikan oleh Taurat dan nabi-nabi,

Kita dibenarkan oleh Allah karena percaya bahwa Yesus adalah Kristus.(Romans 1:17, Philippians 3:9, Galatians 3:11, Hebrews 10:38, Romans 9:30-33)

Romans 1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.”

Philippians 3:9 dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.

Galatians 3:11 Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: “Orang yang benar akan hidup oleh iman.”

Hebrews 10:38 Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya.”

Romans 9:30 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Ini: bahwa bangsa-bangsa lain yang tidak mengejar kebenaran, telah beroleh kebenaran, yaitu kebenaran karena iman.
31 Tetapi bani Israel yang menuntut hukum kebenaran, tiada sampai kepada hukum itu.
32 Apakah sebabnya? Sebab mereka itu bukannya menuntut dengan iman, melainkan seolah-olah dari perbuatan dirinya. Maka terantuklah mereka itu pada batu antukan,
33 seperti yang tersurat: Tengoklah, Aku meletakkan di dalam Sion sebuah batu antukan dan sebuah batu syak, maka barangsiapa yang percaya akan Dia, tiada akan diaibkan.