454. Dia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan Putra kasih-Nya.(Colossians 1:13-14)
Genesis 3:15, Ephesians 2:1-7, 1 John 3:8, Colossians 2:15, John 5:24

Dalam Perjanjian Lama dinubuatkan bahwa Allah akan melepaskan kita melalui Kristus.(Genesis 3:15)

Genesis 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

Kita telah mati dalam dosa dan pelanggaran kita, dan kita berada dalam kuasa kegelapan.(Ephesians 2:1-3)

Ephesians 2:1 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
2 yang dahulu kamu lakukan menurut istiadat dunia ini, ialah menurut kuasa penguasa di udara, yaitu roh yang lagi bekerja di dalam hati anak-anak durhaka.
3 Maka di antara mereka itu kita sekalian ini pun dahulu menurut hawa nafsu tubuh kita, sambil melakukan kehendak tubuh dan ingatan itu, dan kita sudah berkeadaan anak-anak yang dimurkai sama seperti orang lain itu juga.

Allah yang penuh belas kasihan mengasihi kita dan telah menghidupkan kita bersama dengan Kristus ketika kita mati karena pelanggaran kita.(Ephesians 2:4-7)

Ephesians 2:4 Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,
5 tatkala kita mati oleh sebab kesalahan kita, sudah menghidupkan kita beserta dengan Kristus (maka dari sebab anugerah-Nya kamu diselamatkan),
6 dan di dalam Kristus Yesus Ia sudah membangkitkan dan mendudukkan kita beserta dengan Kristus itu di surga,
7 supaya pada segala masa yang akan datang kelak Ia menunjukkan kelimpahan anugerah-Nya yang amat sangat dengan kemurahan-Nya kepada kita di dalam Kristus Yesus.

Tuhan telah mengampuni segala dosa kita dan telah menyalibkan segala dokumen dosa kita.(Colossians 2:13-14)

Colossians 2:13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,
14 serta dihapuskan-Nya surat utang dengan segala syaratnya yang menindih dan melawan kita, dan diambil-Nya dia daripada kita, lalu dipakukan-Nya kepada salib.

Yesus menghancurkan pekerjaan iblis dan memperoleh kemenangan melalui salib.(1 John 3:8, Colossians 2:15)

1 John 3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.”

Colossians 2:15 Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.

Mereka yang percaya kepada Yesus sebagai Kristus telah berpindah dari kematian ke kehidupan.(John 5:24, Colossians 1:13-14)

John 5:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.

Colossians 1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;
14 oleh Dia itu kita mendapat penebusan, yaitu keampunan segala dosa,