497. Janganlah kamu merasa malu atas kesaksian Tuhan kita, tetapi ikutlah menderita bersamaku karena Injil menurut kuasa Allah (2 Timothy 1:8)
2 Timothy 1:11-12, Mark 8:38, Luke 9:26, Romans 1:16, Romans 8:17, 2 Timothy 2:3,9, 2 Timothy 4:5

Barangsiapa merasa malu karena Yesus dan perkataan-Nya, ia akan merasa malu ketika Anak Manusia datang.(Mark 8:38, Luke 9:26)

Mark 8:38 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusiapun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus.”

Luke 9:26 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Anak Manusia juga akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus.

Karena Paulus memberitakan Injil bahwa Yesus adalah Kristus, dia menderita penderitaan dan dipenjarakan.Pada masa itu, ketika orang-orang kudus memberi tahu orang-orang bahwa Yesus adalah Kristus, mereka dianiaya.Penganiayaan seperti ini memalukan di mata orang lain.Namun Paulus tidak malu akan hal ini.Paulus juga meminta Timotius untuk terus memberitakan Injil tanpa merasa malu meskipun dia dianiaya saat memberitakan Injil.(2 Timothy 1:8, 2 Timothy 1:11-12, Romans 1:16, Romans 8:17, 2 Timothy 2:3, 2 Timothy 2:9, 2 Timothy 4:5)

2 Timothy 1:8 Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.

2 Timothy 1:11 Untuk Injil inilah aku telah ditetapkan sebagai pemberita, sebagai rasul dan sebagai guru.
12 Maka itulah sebabnya aku menderitakan segala perkara ini. Tetapi tiada juga aku malu, karena aku tahu kepada siapa yang sudah kupercayai, dan yakinlah aku bahwa Ia berkuasa akan memeliharakan petaruhanku hingga kepada Hari itu.

Romans 1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

Romans 8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

2 Timothy 2:3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.

2 Timothy 2:9 Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi firman Allah tidak terbelenggu.

2 Timothy 4:5 Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!