594. Juga Iman, Kalau Tidak Ada Perbuatannya, Maka Mati Dengan Sendirinya.(James 2:17)
John 15:4-5, John 8:56, James 2:21, Hebrews 11:31, James 2:25

Jika orang berkata bahwa mereka percaya bahwa Yesus adalah Kristus, namun tidak bertindak berdasarkan iman, maka mereka tidak percaya.(James 2:17)

James 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Kristus adalah garis hidup kita.Selain Kristus, tidak ada yang bisa dilakukan.(John 15:4-5)

John 15:4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
5 Aku inilah Pokok Anggur yang benar, dan kamulah carang-carangnya. Siapa yang tetap di dalam Aku, dan Aku pun di dalam dia, ialah berbuah lebat; karena kalau tiada beserta dengan Aku, suatu pun tiada dapat kamu perbuat.

Abraham bisa mempersembahkan Ishak kepada Tuhan karena dia percaya bahwa Kristus akan datang sebagai keturunan Ishak.Artinya, ia percaya bahwa Tuhan akan menghidupkan kembali Ishak karena Kristus.(James 2:21, John 8:56)

James 2:21 Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?

John 8:56 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.”

Rahab si pelacur juga percaya bahwa Kristus akan datang ke tanah Kanaan melalui rumor dan menyembunyikan mata-mata.(Hebrews 11:31, James 2:25)

Hebrews 11:31 Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik.

James 2:25 Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?