705. Ketidaktaatan Adam dan Hawa serta Akibat-akibatnya (Genesis 3:6-8)
1 Timothy 2:14, Hosea 6:7, Genesis 3:17-19, Genesis 2:17, Romans 3:23, Romans 6:23, Isaiah 59:2, John 8:44

Tuhan menyuruh Adam untuk tidak memakan buah terlarang dan memperingatkan bahwa pada hari dia memakannya dia pasti akan mati.(Genesis 2:17)

Genesis 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”

Namun, Adam ditipu oleh Setan dan melanggar perjanjian Tuhan serta memakan buah terlarang.(Genesis 3:6, 1 Timothy 2:14, Hosea 6:7)

Genesis 3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

1 Timothy 2:14 Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa.

Hosea 6:7 Tetapi mereka itu telah melangkahi perjanjian di Adam, di sana mereka telah berkhianat terhadap Aku.

Akibat ketidaktaatan Adam terhadap perjanjian Tuhan, segala permasalahan menimpa umat manusia.

Pertama, manusia berpaling dari Tuhan karena ketidaktaatannya.(Genesis 3:7-8, Isaiah 59:2, Romans 3:23)

Genesis 3:7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.
8 Maka kedengaranlah kepada mereka itu suara Tuhan Allah, yang berjalan-jalan dalam taman pada masa angin silir, maka Adam dan Hawapun menyembunyikan dirinya dari hadirat Tuhan Allah dalam belukar taman itu.

Isaiah 59:2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

Romans 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Kedua, manusia tunduk pada segala kutuk.(Genesis 3:17-19)

Genesis 3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: “Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
18 Maka bumi itu akan menumbuhkan bagimu duri dan onak, dan sayur-sayuran di ladang akan menjadi makananmu.
19 Maka dengan berpeluh mukamu engkau akan makan rezekimu sehingga engkau kembali pula kepada tanah, karena dari padanya engkau telah diambil; bahwa abulah adamu, maka kepada abupun engkau akan kembali juga.

Ketiga, dan seluruh umat manusia telah hidup sebagai budak Setan.(John 8:44)

John 8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Keempat, semua umat manusia menemui kematian jasmani dan kematian kekal.(Romans 6:23)

Romans 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.