816. Kristus yang menjadi korban persembahan bunt untuk menyelamatkan kita (Leviticus 1:9)
Leviticus 1:13, 17, Leviticus 1:4-9, John 1:29, 36, 2 Corinthians 5:21, Matthew 26:28, Hebrews 9:12, Ephesians 5:2

Dalam Perjanjian Lama, para imam membakar kurban korban bakaran untuk mempersembahkan api kepada Tuhan.(Leviticus 1:9, Leviticus 1:13, Leviticus 1:17)

Leviticus 1:9 Tetapi isi perutnya dan betisnya haruslah dibasuh dengan air dan seluruhnya itu harus dibakar oleh imam di atas mezbah sebagai korban bakaran, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Leviticus 1:13 Isi perut dan betisnya haruslah dibasuhnya dengan air, dan seluruhnya itu haruslah dipersembahkan oleh imam dan dibakar di atas mezbah: itulah korban bakaran, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Leviticus 1:17 Dan ia harus mencabik burung itu pada pangkal sayapnya, tetapi tidak sampai terpisah; lalu imam harus membakarnya di atas mezbah, di atas kayu yang sedang terbakar; itulah korban bakaran, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.”

Dalam Perjanjian Lama, ketika imam meletakkan tangannya di atas kepala korban bakaran, maka dosa bangsa Israel diperhitungkan pada korban bakaran tersebut.Imam membakar korban bakaran dan mempersembahkan korban kepada Tuhan.(Leviticus 1:4-9)

Leviticus 1:4 Lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala korban bakaran itu, sehingga baginya persembahan itu diperkenan untuk mengadakan pendamaian baginya.
5 Kemudian hendaklah disembelihkannya lembu muda itu di hadapan hadirat Tuhan; hendaklah anak-anak Harun, yang imam itu, mempersembahkan darahnya serta memercikkan dia keliling kepada mezbah, yang di hadapan pintu kemah perhimpunan.
6 Lalu hendaklah dikulitinya korban bakaran itu dan dipotongnya berpenggal-penggal.
7 Maka oleh anak-anak Harun, yang imam itu, hendaklah dibubuh api di atas mezbah, lalu diletakkan kayu di atas api itu.
8 Dan lagi hendaklah segala penggalnya dan kepalanya dan lemaknya diatur oleh anak-anak Harun, yang imam itu, di atas kayu yang dalam api di atas mezbah itu.
9 Tetapi isi perutnya dan pahanya hendaklah dicuci dengan air, maka sekalian itu hendaklah dibakar oleh imam itu di atas mezbah akan korban bakaran, akan korban api, yaitu suatu bau yang harum bagi Tuhan.

Yesus adalah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.(John 1:29, John 1:36)

John 1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

John 1:36 Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah!”

Yesus menanggung segala dosa kita dan menjadi korban bagi Allah di kayu salib untuk menyelamatkan kita.(2 Corinthians 5:21, Matthew 26:28, Hebrews 9:12, Ephesians 5:2)

2 Corinthians 5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

Matthew 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Hebrews 9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.

Ephesians 5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.