856. Allah ingin mencurahkan Roh Kudus ke atas semua manusia melalui Kristus.(Numbers 11:29)
Joel 2:28, Acts 2:1-4, Acts 5:31-32

Ketika Roh Kudus turun ke atas 70 tua-tua di Perjanjian Lama, Joshuaua iri akan hal ini.Kemudian Musa memberitahu Joshua bahwa Tuhan ingin mencurahkan Roh Kudus ke atas seluruh bangsa Israel.(Numbers 11:29)

Numbers 11:29 Tetapi Musa berkata kepadanya: “Apakah engkau begitu giat mendukung diriku? Ah, kalau seluruh umat TUHAN menjadi nabi, oleh karena TUHAN memberi Roh-Nya hinggap kepada mereka!”

Dalam Perjanjian Lama dinubuatkan bahwa Tuhan akan mencurahkan Roh Kudus kepada mereka yang mengetahui bahwa Dialah Tuhan yang benar.(Joel 2:28)

Joel 2:28 “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Roh Kudus yang dinubuatkan dalam Perjanjian Lama turun ke atas orang-orang yang percaya kepada Yesus sebagai Kristus.(Acts 2:1-4)

Acts 2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
2 Maka sekonyong-konyong turunlah dari langit suatu bunyi seolah-olah serbu angin yang besar, yang menumpatkan segenap rumah tempat mereka itu duduk.
3 Maka kelihatanlah kepada mereka itu beberapa lidah seperti api rupanya yang berbelah-belah, dan hinggap di atas tiap-tiap orang itu.
4 Maka mereka itu sekalian pun penuh dengan Rohulkudus, sehingga mereka itu mulai berkata-kata dengan berbagai-bagai bahasa, sebagaimana yang diilhamkan oleh Roh kepadanya akan bertutur.

Percaya kepada Yesus sebagai Kristus berarti menaati Allah.Roh Kudus turun ke atas mereka yang percaya kepada Yesus sebagai Kristus.(Acts 5:30-32)

Acts 5:30 Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh.
31 Ia inilah ditinggikan oleh tangan kanan Allah menjadi Raja dan Juruselamat akan mengaruniakan tobat kepada bani Israel dan jalan keampunan dosa.
32 Dan kami inilah saksi atas segala perkara itu, demikian juga Rohulkudus yang dikaruniakan Allah kepada sekalian orang yang menurut Dia.”