944. Kristus sebagai Penguasa hari Sabat (1 Samuel 21:5-7)
Mark 2:23-28, Matthew 12:1-4, Luke 6:1-5

Dalam Perjanjian Lama, Daud pernah memakan roti sajian, yang tidak boleh dimakan kecuali oleh para imam.(1 Samuel 21:5-7)

1 Samuel 21:5 Daud menjawab imam itu, katanya kepadanya: “Memang, kami tidak diperbolehkan bergaul dengan perempuan, seperti sediakala apabila aku maju berperang. Tubuh orang-orangku itu tahir, sekalipun pada perjalanan biasa, apalagi pada hari ini, masing-masing mereka tahir tubuhnya.”
6 Lalu diberikanlah oleh imam akan dia roti yang suci itu, sebab tiada roti lain, melainkan roti tunjukan yang sudah diangkat dari hadapan hadirat Tuhan, supaya ditaruh roti baharu akan gantinya pada masa yang lain itu diangkat.
7 Hata, maka pada hari itu juga adalah di sana seorang dari pada segala hamba Saul tengah berbuat ibadat di hadapan hadirat Tuhan, maka namanya Dowej, seorang orang Edom, yaitu penghulu segala gembala Saul.

Ketika orang-orang Farisi melihat murid-murid Yesus memotong dan memakan bulir gandum pada hari Sabat, mereka mengkritik Yesus.Kemudian Yesus berkata bahwa Daud juga memakan roti sajian, yang tidak boleh dimakan kecuali oleh para imam.Dan Yesus mewahyukan bahwa Yesus sendiri adalah Tuhan atas hari Sabat.(Mark 2:23-28, Mark 12:1-4, Luke 6:1-5)

Mark 2:23 Pada suatu kali, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik bulir gandum.
24 Maka kata orang Parisi kepada Yesus, “Tengok, apakah sebabnya mereka itu berbuat pada hari Sabbat barang yang tiada halal?”
25 Maka berkatalah Ia kepada mereka itu, “Belum pernahkah kamu membaca barang yang diperbuat oleh Daud, tatkala ia kekurangan, dan lapar dengan segala orang yang sertanya,
26 di dalam hal ia sudah masuk ke dalam Rumah Allah, zaman Abiyatar, imam besar, lalu makan roti persembahan itu, yang tiada halal dimakan melainkan oleh imam-imam sahaja, dan diberikannya juga kepada orang yang sertanya?”
27 Dan lagi kata-Nya kepada mereka itu, “Hari Sabbat itu diadakan karena manusia, bukannya manusia diadakan karena hari Sabbat.
28 Sebab itu Anak manusia pun adalah Tuhan atas hari Sabbat juga.”

Mark 12:1 Lalu Yesus mulai berbicara kepada mereka dalam perumpamaan: “Adalah seorang membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lobang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain.
2 Maka pada musimnya disuruhkannya seorang hambanya kepada orang dusun itu, supaya ia dapat menerima hasil kebun anggur itu daripada tangan orang dusun itu.
3 Lalu orang dusun itu memegangkan dia, memalu dan menghalaukan dia dengan hampanya.
4 Dan lagi ia menyuruhkan kepada mereka itu seorang hamba yang lain, maka hamba itu pun dilukakan oleh mereka itu di kepalanya serta dipermalukan.

Luke 6:1 Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya.
2 Tetapi berkatalah beberapa orang Parisi, “Apakah sebabnya kamu perbuat barang yang tiada halal pada hari Sabbat?”
3 Maka jawab Yesus serta berkata kepada mereka itu, “Belumkah lagi kamu membaca barang yang diperbuat oleh Daud tatkala ia lapar dan segala orang yang beserta dengan dia?
4 Di dalam hal ia sudah masuk ke dalam Rumah Allah, serta mengambil roti persembahan, lalu dimakannya, dan diberikannya juga kepada orang yang beserta dengan dia, yang tiada halal dimakan, melainkan oleh imam sahaja?”
5 Maka berkatalah Yesus lagi kepada mereka itu, “Anak manusia itulah Tuhan atas hari Sabbat juga.”