1038. Setan melawan Tuhan dan Kristus (Psalms 2:1-2)
Acts 4:25-26, Matthew 2:16, Matthew 12:14, Matthew 26:3-4, Matthew 26:59-66, Matthew 27:1-2, Luke 13:31

Dalam Perjanjian Lama, dinubuatkan bahwa raja dan penguasa dunia akan menentang Tuhan dan Kristus.(Psalms 2:1-2)

Psalms 2:1 Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?
2 Bahwa segala raja di atas bumi telah berbangkit dan segala penghulupun bermusyawarat bersama-sama hendak melawan Tuhan dan melawan Masih-Nya, katanya:

Dengan mengutip Perjanjian Lama, Petrus berbicara tentang penggenapan pengumpulan raja-raja dan penguasa melawan Kristus, Yesus.(Acts 4:25-28)

Acts 4:25 Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?
26 Segala raja di dunia berbangkit, dan penghulu-penghulu pun berhimpun, hendak melawan Tuhan dan melawan Kristus-Nya.
27 Karena dengan sesungguhnya di dalam negeri ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta dengan orang kafir dan segala kaum Israel itu sudah berhimpun melawan Yesus hamba-Mu yang kudus, yang telah Engkau urapi itu,
28 akan menggenapkan barang yang terdahulu ditetapkan akan berlaku oleh tangan-Mu dan oleh niat-Mu yang azali,

Raja Herodes membunuh semua laki-laki Israel yang berusia di bawah dua tahun untuk membunuh Kristus yang lahir di bumi ini.(Matthew 2:16)

Matthew 2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

Orang-orang Farisi bersekongkol untuk membunuh Yesus.(Matthew 12:14, Matthew 26:3-4, Matthew 26:59-66, Luke 13:31)

Matthew 12:14 Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia.

Matthew 26:3 Pada waktu itu berkumpullah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi di istana Imam Besar yang bernama Kayafas,
4 lalu berpakatlah mereka itu sama sendirinya hendak menangkap Yesus dengan muslihat, supaya membunuh Dia.

Matthew 26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati,
60 maka tiadalah mereka itu dapat, walaupun banyak saksi dusta datang. Tetapi kemudian daripada itu datanglah dua orang,
61 katanya, “Inilah orang yang menyebut perkataan: Aku dapat meruntuhkan Bait Allah, dan membangunkan dia di dalam tiga hari.”
62 Maka berdiri tegaklah Imam Besar itu serta berkata kepada-Nya, “Tiadakah Engkau menyahut sesuatu pun? Apakah yang disaksikan orang ini atas Engkau?”
63 Tetapi Yesus diam sahaja. Maka kata Imam Besar itu kepada-Nya, “Aku menuntut sumpahmu demi Allah yang hidup mengatakan kepada kami, kalau-kalau engkau ini Kristus, Anak Allah itu.”
64 Maka kata Yesus kepadanya, “Seperti kata Tuan. Tetapi Aku berkata kepadamu, daripada sekarang ini kamu akan nampak Anak manusia duduk di sebelah kanan Kodrat, serta datang di atas awan dari langit.”
65 Lalu Imam Besar itu pun mengoyakkan pakaiannya sendiri, serta berkata, “Ia menghujat Allah; apa gunanya lagi saksi bagi kita? Sekarang kamu sudah mendengar hujat-Nya itu.
66 Apakah pikiran kamu?” Maka mereka itu menyahut, katanya, “Yang patutnya Ia mati.”

Luke 13:31 Pada waktu itu datanglah beberapa orang Farisi dan berkata kepada Yesus: “Pergilah, tinggalkanlah tempat ini, karena Herodes hendak membunuh Engkau.”

Akhirnya, para imam kepala Israel dan tua-tua bangsa itu mengikat Yesus Kristus dan menyerahkan Dia kepada gubernur Pilatus.(Matthew 27:1)

Matthew 27:1 Ketika hari mulai siang, semua imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi berkumpul dan mengambil keputusan untuk membunuh Yesus.