1271. Bangsa Israel tidak percaya kepada Kristus, perjanjian Allah, tetapi percaya bahwa jika hanya ada Bait Suci, mereka akan aman.(Jeremiah 7:9-11)
Matthew 21:12-13, Mark 11:17, Luke 19:46

Dalam Perjanjian Lama, bangsa Israel percaya bahwa meskipun mereka berdosa terhadap Tuhan, mereka akan diselamatkan jika memasuki Bait Suci.(Jeremiah 7:9-11)

Jeremiah 7:9 Masakan kamu mencuri, membunuh, berzinah dan bersumpah palsu, membakar korban kepada Baal dan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal,
10 lalu datang menghadap hadirat-Ku di dalam rumah ini, yang atasnya sudah disebut nama-Ku, sambil katamu: Sekarang kami bebas pula, boleh berbuat segala perkara kebencian ini?
11 Adapun rumah ini, yang atasnya sudah disebut nama-Ku, adakah ia itu kepada pemandanganmu sebuah gua pembunuh? Bahwasanya Aku sudah melihatnya, demikianlah firman Tuhan.

Yesus mengusir orang-orang Yahudi keluar dari Bait Suci karena mereka telah mengubahnya menjadi sarang perampok.(Matthew 21:12-13, Mark 11:17, Luke 19:46)

Matthew 21:12 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati
13 serta berkata kepada mereka itu, “Telah tersurat: Bahwa Rumah-Ku akan disebut rumah tempat berdoa; tetapi kamu ini menjadikan dia gua penyamun.”

Mark 11:17 Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: “Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!”

Luke 19:46 kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis: Rumah-Ku adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun.”