1371. John Pembaptis mempersiapkan jalan bagi Kristus (Malachi 3:1)
Malachi 4:5, Mark 1:2-4, Mark 9:11-13, Luke 1:13-17, Luke 1:76, Luke 7:24-27, Matthew 11:1-5,10-14, Matthew17:10-13, Acts 19:4

Dalam Perjanjian Lama, Tuhan berkata bahwa malaikat Tuhan akan mempersiapkan jalan bagi Kristus.(Malachi 3:1, Malachi 4:5)

Malachi 3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam.

Malachi 4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.

Seorang malaikat menampakkan diri kepada Zechariah dan memberitahunya bahwa anak yang akan dilahirkan istrinya akan mempersiapkan jalan bagi Kristus dalam roh Elia.(Luke 1:13-17, Luke 1:76)

Luke 1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: “Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.
14 Dan akan jadi kesukaan dengan sukaria bagimu, serta banyak orang akan menyukakan kelahirannya.
15 Karena ia akan menjadi besar kepada pemandangan Tuhan, dan tiada ia akan minum air anggur atau minuman yang keras; dan ia akan penuh dengan Rohulkudus daripada rahim ibunya.
16 Maka ia akan mengembalikan banyak orang bani Israel kepada Allah, Tuhannya itu.
17 Dan ialah yang akan berjalan di hadapan Tuhan dengan roh dan kuasa Elias, akan membalikkan hati segala bapa kepada anak-anaknya dan orang ingkar kepada perasaan hati orang yang benar; dan akan menyediakan suatu kaum yang lengkap bagi Tuhan.”

Luke 1:76 Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya,

Sebagaimana dinubuatkan dalam Perjanjian Lama, malaikat Allah muncul untuk mempersiapkan jalan bagi Kristus.Utusan itu adalah John Pembaptis.(Mark 1:2-4, Mark 9:11-13, Luke 7:24-27, Matthew 17:10-13, Matthew 11:10-14)

Mark 1:2 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: “Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu;
3+_”Adalah suara orang yang berseru-seru di padang belantara: Sediakanlah jalan Tuhan dan luruskanlah lorong-lorong-Nya!”
4 Maka datanglah Yahya membaptiskan orang di padang belantara, serta mengabarkan baptisan tobat, jalan keampunan dosa.

Mark 9:11 Lalu mereka bertanya kepada-Nya: “Mengapa ahli-ahli Taurat berkata, bahwa Elia harus datang dahulu?”
12 Maka jawab-Nya kepada mereka itu, “Memang Elias itu datang dahulu serta membaiki segala sesuatu. Tetapi bagaimanakah yang telah tersurat dari hal Anak manusia, bahwa Ia akan merasai banyak sengsara dan Ia akan dihinakan orang?
13 Tetapi Aku berkata kepadamu, bahwa Elias itu memang sudah datang, maka diperbuat mereka itu akan dia barang sekehendaknya, seperti yang tersurat tentang dia.”

Luke 7:24 Setelah suruhan Yohanes itu pergi, mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak itu tentang Yohanes: “Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun? Melihat buluh yang digoyangkan angin kian ke mari?
25 Atau apakah yang kamu pergi lihat? Seorang yang memakai pakaian yang haluskah? Sesungguhnya orang yang berpakaian indah-indah dan hidup dengan lazatnya ada di dalam istana raja-raja.
26 Atau apakah yang kamu pergi lihat? Seorang nabikah? Bahkan, Aku berkata kepadamu: Ada yang terlebih lagi daripada seorang nabi.
27 Karena inilah dia yang tersebut halnya: Bahwa ketahuilah olehmu, Aku menyuruhkan utusan-Ku dahulu daripada-Mu, ialah menyediakan jalan di hadapan-Mu.

Matthew 17:10 Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: “Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?”
11 Maka jawab Yesus, kata-Nya, “Memang Elias itu datang serta memperbaiki segala sesuatu.
12 Tetapi Aku berkata kepadamu, bahwa Elias itu sudah datang, maka tiadalah dikenal orang akan dia, melainkan mereka itu melakukan ke atasnya sekehendak hatinya. Demikian juga Anak manusia pun akan dianiayakan orang.”
13 Maka baharulah murid-murid itu mengerti, bahwa Ia mengatakan kepadanya tentang hal Yahya Pembaptis.

Matthew 11:10 Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.
11 Dengan sesungguhnya Aku berkata kepadamu, bahwa di antara segala orang yang dilahirkan oleh perempuan, belum bangkit seorang pun yang lebih besar daripada Yahya Pembaptis; tetapi yang terkecil di dalam kerajaan surga, itulah yang lebih besar daripadanya.
12 Maka daripada zaman Yahya Pembaptis sampai sekarang ini, kerajaan surga sangatlah diserbu orang, dan orang yang menyerbu itu merebut akan dia.
13 Karena segala nabi dan Taurat ada nubuatnya sampai pada zaman Yahya itu.
14 Dan jikalau kamu menerima itu: Ia inilah Elias, yang akan datang itu.

John Pembaptis menyuruh murid-muridnya bertanya kepada Yesus apakah dia adalah Kristus yang dinubuatkan bahwa Yesus akan datang.Kemudian Yesus berkata bahwa nubuatan Kristus dalam Perjanjian Lama telah digenapi bagi dirinya sendiri, dan dia menyatakan bahwa dialah Kristus.(Matthew 11:1-5)

Matthew 11:1 Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.
2 Apabila didengar oleh Yahya tatkala ia di dalam penjara akan segala hal pekerjaan Kristus, lalu berpesanlah ia kepada murid-muridnya,
3 menyuruh bertanya kepada Yesus, “Engkaukah yang akan datang itu, atau harus kami menantikan seorang lainkah?”
4 Maka jawab Yesus kepada mereka itu, kata-Nya, “Pergilah kamu kabarkan kepada Yahya segala hal yang kamu dengar dan lihat,
5 yaitu orang buta celik matanya, dan orang timpang berjalan betul, dan orang yang kena bala zaraat ditahirkan, dan orang tuli mendengar, dan orang mati dihidupkan, dan Injil dikabarkan kepada orang miskin.

Paulus bersaksi bahwa Kristus yang dibicarakan oleh John Pembaptis adalah Yesus.(Acts 19:4)

Acts 19:4 Kata Paulus: “Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.”